Outlined Text Generator at TextSpace.net

Senin, 21 Februari 2011

Dampak Perubahan Iklim Bagi Kesehatan

Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE yang kini berkantor di Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI memaparkan bahaya perubahan iklim di Indonesia bagi masa depan kesehatan yang ditandai dengan:

  1. Peningkatan curah hujan yang cukup signifikan pada bulan-bulan tertentu dengan peningkatan variabilitas di daerah tertentu,
  2. Penurunan curah hujan di bulan-bulan kering, sementara pada bulan bulan musim basah curah hujan meningkat,
  3. Kenaikan temperatur permukaan rata-rata.

Bahaya perubahan iklim mempengaruhi kesehatan melalui jalur kontaminasi mikroba dan transmisi dinamis. Selain itu bahaya perubahan iklim mempengaruhi agro-ekosistem dan hidrologi, serta sosio-ekonomi dan demografi. Proses tersebut dipengaruhi juga oleh modulasi berupa kondisi sosial, ekonomi dan pembangunan.

Kemudian Prof Tjandra juga menjelaskan dampak kesehatan yang dapat terjadi dari proses tersebut diantaranya efek peningkatan temperatur terhadap kesakitan dan kematian, bencana akibat cuaca ekstrim, peningkatan pencemaran udara, penyakit bawaan air dan makanan, dan penyakit bawaan vektor dan hewan pengerat.

Prof. Tjandra juga menerangkan berdasarkan alur prosesnya, bahaya perubahan iklim dapat mempengaruhi kesehatan manusia dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung.
  1. Mempengaruhi kesehatan manusia secara langsung berupa paparan langsung dari perubahan pola cuaca (temperatur, curah hujan, kenaikan muka air laut, dan peningkatan frekuensi cuaca ekstrim). Kejadian cuaca ekstrim dapat mengancam kesehatan manusia bahkan kematian.
  2. Mempengaruhi kesehatan manusia secara tidak langsung. Mekanisme yang terjadi adalah perubahan iklim mempengaruhi faktor lingkungan seperti perubahan kualitas lingkungan (kualitas air, udara, dan makanan), penipisan lapisan ozon, penurunan sumber daya air, kehilangan fungsi ekosistem, dan degradasi lahan yang pada akhirnya faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi kesehatan manusia.

Tidak ada komentar:

Ingin Mendapatkan Bisnis Online Yang Menguntungkan, Segeralah Bergabung Dengan Idr-Clickit. Hanya Dengan Meng-Click Anda Akan Mendapatkan Uang. Daftar Segera di bawah ini. Gratis ..!!!
Atau Di Link Daftar Raihlah Keberhasilan Dengan Jari Anda. Dan Ciptakan Dunia mu Dengan Keberhasilanmu

Iklan Online

Memiliki penyakit kronis dan non kronis yang belum kunjung sembuh. Kami solusinya, tanpa efek samping, terbuat dari bahan yang halal.