Outlined Text Generator at TextSpace.net

Senin, 11 April 2011

Dumai Bisa Menjadi Sasaran FLU BURUNG (Waspada)


Seluruh wilayah di Kota Dumai, Riau, sangat berpotensi disusupi virus H5N1 atau flu burung yang mematikan itu. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanla) Kota Dumai, Budiyono, kepada ANTARA di Dumai, Rabu (9/3), mengatakan seluruh wilayah Dumai rentan disusupi flu burung.
Hal tersebut karena sejauh ini kebutuhan unggas terutama ayam masih dipasok dari luar daerah seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara. "Kondisi pengiriman unggas luar daerah ini tentunya menyulitkan kami dalam melakukan pemeriksaan kesehatan unggas-unggas tersebut. Kondisi ini diperparah lagi dengan tidak adanya koordinasi antara Disnak Riau dengan Disnak dua provinsi penyalur unggas itu," ujar Budiyono.
Saat ini, menurut Budiyono, lima kecamatan yang ada di Dumai meliputi Kecamatan Dumai Barat, Dumai Timur, Medang Kampai, Sungai Sembilan, dan Kecamatan Bukit Kapur sudah terdapat kasus-kasus diduga flu burung.
"Meski dari sejumlah kasus, hanya di Kecamatan Dumai Barat yang sempat dinyatakan positif setelah dilakukan pengujian sample,'' kata Budiyono. ''Namun, daerah lainnya juga tidak menutup kemungkinan ada unggas yang telah terjangkit flu burung.''
 Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran flu burung di Dumai, terang Budiyono, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait lainnya terutama dalam hal sosialisasi cara hidup sehat menghidari virus mematikan itu. "Sosialisasi ini sangat penting dan harus dimulai dari sekarang. Dengan pengetahuan masyarakat atas bahaya flu burung dan pencegahannya, itu tentunya secara tidak langsung akan mampu menekan jumlah kasus flu burung di Dumai," imbuh Budiyono.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Marjoko Santoso, dalam kesempatan terpisah mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mendapat informasi tentang penyebaran flu burung di sejumlah wilayah Dumai. "Kita juga sudah mencoba untuk mensosialisasikan masalah ini kepada masyarakat pada setiap kesempatan,"Sumber Gresnews.com"

Berikut Cara Pencegahan Flu Burung pada unggas :

# Gejala unggas terserang Flu Burung
  • Unggas mati mendadak dalam jumlah yang besar dengan atau tanpa gejala klinis
  • Unggas terlihat lemas, jengger bengkak berwarna biru atau berdarah dan bulu – bulu berguguran
  • Kepala tertunduk
  • Kesulitan bernapas
  • Bengkak pada kepala dan kelopak mata
  • Pendarahan di kulit pada bagian yang tidak ditumbuhi bulu, terutama pada kaki
  • Penurunan jumlah telur yang dihasilkan
  • Diare, menggigil dan mengeluarkan air mata
  • Gelisah
  • Unggas seperti itik, angsa bisa terinfeksi tanpa menunjukkan gejala
Dan apabila ada unggas seperti ciri-ciri diatas maka segeralah laporkan ke RT atau ke Dinas Peternakan untuk segera di atasi dan ditindak lanjuti. Bagi manusia yang bersentuhan langsung dengan hewan yang terinfeksi segerala ke Klinik, Puskesmas terdekat.

Tidak ada komentar:

Ingin Mendapatkan Bisnis Online Yang Menguntungkan, Segeralah Bergabung Dengan Idr-Clickit. Hanya Dengan Meng-Click Anda Akan Mendapatkan Uang. Daftar Segera di bawah ini. Gratis ..!!!
Atau Di Link Daftar Raihlah Keberhasilan Dengan Jari Anda. Dan Ciptakan Dunia mu Dengan Keberhasilanmu

Iklan Online

Memiliki penyakit kronis dan non kronis yang belum kunjung sembuh. Kami solusinya, tanpa efek samping, terbuat dari bahan yang halal.